Minggu, 05 Desember 2010

Bab 7. Mengidentifikasi Worsheet berserta fungsi ikon dan menunya

Microsoft Corporation sudah mengeluarkan beberapa versi program aplikasi Microsoft Office,seperti Microsoft Office 2000/2002/2003 dan Microsoft Office XP.Pada Microsoft Office,terdapat program spreadsheet yaitu Ms.Excel.Microsoft Excel dipakai untuk melakukan pengolahan angka untuk membantu menyelesaikan pekerjaan di berbagai bidang,seperti administrasi,akutansi,perbankan,statistik,bisnis.MS Excel juga dilengkapi fasilitas hyperlink yg dapat dipakai untuk membuka dan mengaktifkan informasi yg terdapat dalam lembar kerja atau file yg beda.
Cara untuk mengaktifkan MS excel adalah :
-Klik menu start
-Pilih ikon file dengan menu
-pilih ikon dengan format.xsl

Perbedaan lembar kerja dengan buku kerja yaitu lembar kerja berisi data dan penghitungan yang dibuat sedangkan buku kerja merupakan kumpulan lembar kerja.
Menu standar MS Excel adalah :
-File
Merupakan menu yang berisi perintah-perintah yang diperlukan untuk melakukan penyisipan pada lembar kerja.
-Edit
Merupakan menu untuk mengedit lembar kerja yang telah selesai.
-View
Merupakan menu untuk melihat worksheet yang telah dikerjakan dengan berbagai cara.
-Insert
Merupakan menu untuk memasukkan data-data seperti data gambar untuk dimasukkan pada
lembar kerja.
-Format
Merupakan menu yg berisi kumpulan perintah yang dipakai untuk pengolahan data pada
lembar kerja.
-Tools
Tools standar terdiri dari ikon yang digunakan untuk membuka dokumen baru,menyimpan
dokumen.Sedangkan tool Formatting terdiri atas ikon yg berfungsi untuk menjalankan
perintah-perintah untuk mengatur format dasar.
-Data
Perintah yg digunakan untuk pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja.
-Window
Untuk mengatur jendela kerja dari MS Excel yg sedang aktif.
-Help
Untuk Mengetahui cara cara melakukan kegiatan dengan MS.Excel

Toolbar yang tidak ditampilkan pd MS Excel Dapat dipilih melalui menu
View Lalu klik Toolbars kemudian pilih jenis toolbars yg diinginkan.


Ikon pada Microsoft excel

Pada Microsoft excel terdapat ikon - ikon pada toolbar yang dapat memudahkan pengguna komputer dalam bekerja.

Toolbar standar terdiri atas ikon - ikon yang digunakan untuk membuat doikumen baru, membukadokumen yang pernah dibuat sebelumnya, menyimpan dokumen, mencetak dokumen, dan perintah lainnya. Ikon pada Toolbar ini terdiri atas fungsi - fungsi dasar dari Microsoft excel.

Toolbar formatting terdiri atas ikon - ikon yang berfungsi untuk menjalankan perintah - perintah untuk mengatur format dasar dari dokumen atau lembar kerja. Perintah dasarnya yaitu untuk pengaturan huruf (font), menentukan perataan teks, pengaturan garis, dan pengaturan lainnya.

A. MANFAAT PROGRAM LEMBAR KERJA




Pada semua program aplikasi Microsoft office terdapat program aplikasi spreadsheet, yaitu Microsoft Excel yang dapat digunakan unutk membantu dalam melakukan pengolahan angka-angka. Microsoft Excel dilengkapi juga dengan kemampuan untuk menghitung dengan menggunakan rumus dan membuat grafik.
Walau hampir sama dengan program sebelumnya Microsoft Excel XP lebih optimal dan terdapat beberapa hal baru, yaitu :
 Pemberian warna pada tab sheet bertujuan agar para pengguna dapat mengklasifikasikan jenis data dengan warna yang berbeda
• Adanya fasilitas mengirim sebuah range yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan jaringan intenet.

B. MENGAKTIFKAN PROGRAM

Cara mengaktifkan Microsoft excel melalui tombol start pada taskbar dilakukan dengan mengklik tombol start pada taskbar kemudian pilih all program dan Microsoft excel. Kemudian Microsoft Excel akan menampilkan lembar kerja yang siap untuk digunakan.
Untuk mengaktifkan program Microsoft Excel dapat dilakukan melalui berbagai cara;
1. Start >> Program >> Microsoft Excel


2. Klik tombol Start >> Run >> ketikkan “excel” >>Enter






 
3. Lihat di desktop bila ada shortcut menu Microsoft Excel langsung klik 2 x icon tersebut

Pada Windows Microsoft Excel 2007 yang muncul, terdapat beberapa tampilan sebagai berikut (sambil membaca tutorial ini, silahkan tunjukkan dengan mouse kalian masing–masing terhadap komponen berikut) :



  • Office Butto
  • Quick Access Toolbar
  • Title Bar
  • Tabmenu Ribbon
  • Ribbon
  • Formula Bar
  • Status Bar
  • Horizontal Scroll Bar
  • Vertical Scroll Bar
  • SpreadSheet Area
  • Columns
  • Rows

C. MENGGUNAKAN MENU PADA MICROSOFT EXCEL

Dalam menggunakan Microsoft excel terdapat beberapa menu. Setiap menu mempunyai submenu sesuai dengan fungsinya. Menu standar terdiri atas Menu File, berisi perintah untuk mengolah buku kerja. Menu Edit, untuk melakukan beberapa perubahan pada dokumen atau lembar kerja yang sedang aktif. Menu View, berisi perintah-perintah yang berhubungab dengan pengaturan lingkungan dan lembar kerja. Menu Insert, berisi perintah-perintah yang diperlukan untuk melakukan penyisipan pada lembar kerja, baik berasal dari dalam maupun dari luar lingkungan Microsoft Excel. Menu Format, berisi kumpulan perintah yang digunakan untuk mengatur format dasar lembar kerja. Menu Tools, digunakan untuk melakukan pengecekan ejaan. Menu Data, berisi perintah-perintah yang digunakan untuk pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja. Menu Window, digunakan unutk mengatur jendela kerja yang sedang aktif. Menu Help, menu yang digunakan sebagai menu bantuan unutk mencari informasi yang diperlukan pada saat bekerja.
1.Menu File
merupakan menu yang berisi perintah-perintah untuk mengolah buku kerja Microsoft Excel. Menu yang terdapat diantaranya:
a.New, untuk membuat lembar kerja baru
b.Open, membuka dokumen
c.Close, menutup dokumen
d.Save atau Save as, menyimpan dokumen
e.Page Setup, mengatur dokumen
f.Print, mencetak dokumen
g.Exit, menutup Microsoft Excel


2.Menu Edit


merupakan menu yang digunakan untuk melakukan beberapa perubahan pada dokumen atau lembar kerja yang sedang aktif. Menu yang terdapat diantaranya:
a.Edit, untuk mengedit dokumen
b.Undo, pembatalan perintah terakhir
c.Repeat, pengulangan perintah terakhir
d.Cut, memotong data
e.Copy, menyalin data
f.Paste, memindahkan hasil penyalinan
g.Delete, untuk menghapus data
h.Move or Copy Sheet, penyalinan sheet
i.Delete Sheet, menghapus sheet


3. Menu View


Merupakan menu yang berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan lingkungan dan lembar kerja pada Microsoft Excel. Menu yang terdapat diantaranya:
a.Task Pane
b.Tool Bar
c.Formula Bar
d.Status Bar
e.Header and footer


4. Menu Insert


Merupakan suatu menu yang berisi perintah-perintah yang diperlukan untuk melakukan penyisipan pada lembar kerja Microsoft Excel baik berasal dari dalam maupun luar lingkungan Microsoft Excel. Menu yang terdapat diantaranya:
a.Cells, menambahkan sel
b.Rows, menambahkan baris
c.Columns, menambahkan kolom
d.WorkSheet, menambahkan lembar kerja
e.Chart, menambahkan garfik
f.Symbol, memasukkan simbol
g.Function, melakukan berbagai macam perhitungan
h.Name
i.Comment
j.Picture, memasukkan gambar
k.Hyperlink, penyisipan hyperlink


5.Menu Format


merupakan suatu menu yang berisi kumpulan perintah yang digunakan untuk mengatur format dasar dari lembar kerja. Menu yang terdapat diantaranya:
a.perintah untuk mengatur ukuran dan jenis huruf
b.format angka
c.warna
d.garis pembatas sel
e.baris dan kolom




6.Menu Tools
merupakan suatu menu yang digunakan untuk pengecekan ejaan, pengaturan workbook agar dapat digunakan oleh pengguna computer lain dalam satu jaringan secara bersama-sama dan pengaturan setting program Microsoft Excel. Selain itu dapat digunakan untuk membandingkan dan menggabungkan beberapa workbook dalam satu jaringan mernggunakan perintah Compare and Merge WorkBooks. Untuk keamanan data dilengkapi dengan perintah Protection

7.Menu Data
merupakan menu yang digunakan untuk pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja. Menu yang terdapat diantaranya:
a.Sort, mengurutkan data dari terkecil sampai terbesar
b.Filter, manyaring data
c.Form
d.Menghitung nilai subtotal
e.Membuat table


8.Menu Window


digunakan untuk mengatur jendela kerja dari Microsoft Excel yang sedang aktif. Menu yang terdapat diantaranya:
a.New Window, membuka jendela baru
b.Arrange, mengatur letak workbook
c.Hide, menyembunyikan workbook
d.Unhide, menampilkan kembali workbook
e.Split
f.Freeze Panes


9.Menu Help


menu yang digunakan sebagai menu bantuan untuk mencari informasi yang diperlukan pada saat bekerja dengan Microsoft Excel. Menu yang terdapat diantaranya:
a.Microsoft Excel Help, panduan Microsoft Excel
b.Hide the Office Assistant
c.What’s This
d.Office on the Web
e.Activate Product
f.Lotus 1-2-3 Help
g.Detect and Repair


D. IKON PADA MICROSOFT EXCEL

Ikon-ikon diwakili dengan simbol atau gambar yang merupakan gambaran dari suatu perintah. Ikon dalam Microsoft Excel dikelompokan dalam toolbar, dimana secara default toolbar yang ditampilkan oleh Microsoft Excel, yaitu toolbar standard dan toolbar Formating yang terletak dibawah menu bar. Toolbar Standard terdiri atas fungsi-fungsi dasar dari Microsoft Excel. Toolbar Formating terdiri atas ikon-ikon yang berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah untuk mengatur format dasar dari dokumen atau lembar kerja.
                                                                  toolbar standard

Ikon pada Microsoft Excel

Ikon-ikon diwakili dengan simbol atau gambar yang merupakan gambaran dari suatu perintah. Sebagai contoh, ikon print digambarkan dengan gambar printer. Ikon-ikon pada Microsoft Excel dikelompokkan dalam toolbar, dimana secara default toolbar yang ditampilkan oleh Microsoft Excel, yaitu toolbar Standard dan toolbar Formating yang terletak di bawah menu bar.
Ikon-ikon pada toolbar Standard terdiri dari fungsi-fungsi dasar dari Microsoft Excel.
toolbar Formating terdiri atas ikon-ikon yang berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah untuk mengatur format dasar dari dokumen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar